| |

altMemasuki awal dekade '70-an, Dewan Pengurus PPPK Petra menaruh perhatian yang serius terhadap SD Kristen yang terletak di Jalan Kapasan 131, Surabaya. Sikap tersebut tidak lain karena keadaan di sana sudah tidak memadai lagi. Di satu pihak, kuantitas murid terus meningkat. Tetapi di lain pihak, suasana lokasinya sudah begitu padat, sehingga tidak memungkinkan lagi mengadakan perluasan gedung sekolah. Selain itu, pemilik gedung ingin memperoleh kembali gedung tersebut. Kemudian, Dewan Pengurus PPPK Petra memindahkan SD Kristen itu ke lokasi lain yang tidak jauh dari Jalan Kapasan. Dibentuklah suatu panitia yang terdiri atas Bpk. G. Sidarta, Bpk. G. Halim, dan Bpk. Adi Pranoto.

Tahun 1977, kampus Universitas Kristen Petra pindah dari Jalan Kalianyar 37—41 ke Jalan Siwalankerto, Surabaya. Akhirnya, PPPK Petra menyewa gedung bekas kampus Universitas Kristen Petra tersebut selama lima belas tahun (1978—1994).

Tanggal 19 Juli 1979, dewan pengurus membuka secara resmi TK-SD Kristen 7, yang terletak di Jalan Kalianyar 37—41, Surabaya, dengan 12 kelas, terdiri atas: 2 TK Kecil, 2 TK Besar, 3 Kelas I, 1 Kelas II, 1 Kelas III, 1 Kelas IV, 1 Kelas V, dan 1 Kelas VI. Jumlah muridnya sebanyak 368 siswa, di mana sebagian di antaranya merupakan pindahan dari SD Kristen Jalan Kapasan 131. Dan sebagai kepala sekolahnya adalah Ny. E.S. Handijanto.

Pada tahun 1987, terjadi pemisahan kepemimpinan antara TK-SD Kristen Petra 7. SD Kristen Petra 7 dikepalai oleh Ny. E.S. Handijanto, sedangkan TK Kristen Petra 7 dikepalai oleh Ny. Jeanne Siby. Tahun 1997, Ny. Jeanne Siby mengundurkan diri dan kepemimpinan diserahkan kepada Ny. Farida Setiawati Limawandojo, S.Pd.

Pada bulan Mei tahun 1992, sebelum masa sewa lahan komplek Kalianyar habis, dewan pengurus membeli lahan tersebut dari Universitas Kristen Petra.

Pada tahun 2005, diadakan perluasan lahan TK Kristen Petra 7, karena Studio Foto Tjioe Lip telah meninggalkan lahan tersebut, sehingga pada lahan tersebut dapat dibangun dua lantai dan dipergunakan sebagai kantor kepala TK, kantor tata usaha, dan ruang media/perpustakaan, serta kamar kecil guru. Pada tahun 2006, terjadi alih kepemimpinan dari Ny. Farida Setiawati Limawandojo, S.Pd. kepada Ny. Ruth Eka Mudji Setiawaty, S.Pd.

Oleh anugerah Tuhan Yesus, pada tahun 2008, Izin Mendirikan Bangunan Renovasi Total TK-SD Kristen Petra 7 disetujui oleh Pemerintah Kota Surabaya, sehingga segera mungkin diadakan pemindahan sementara lokasi belajar siswa TK-SD Kristen Petra 7. TK Kristen Petra 7 menempati sebagian ruang kelas SMA Kristen Petra 3 yang terletak di Jalan Kalianyar 43, sedangkan SD Kristen Petra 7 menempati gedung SMP Kristen Petra 2 yang terletak di Jalan Embong Wungu.

Pada penghujung tahun 2009, akan diadakan serah terima gedung TK-SD Kristen Petra 7 yang baru. Sehingga pada bulan Juli 2010, seluruh kegiatan operasional TK-SD Kristen Petra 7 dapat dilaksanakan kembali di Jalan Kalianyar 37—41, Surabaya. Selain beroperasinya kembali TK-SD Kristen Petra 7 di Jalan Kalianyar, dewan pengurus telah menetapkan untuk membuka jenjang prasekolah, yaitu Kelompok Bermain Kristen Petra 7, yang terdiri atas 2 kelas Kelompok Bermain A dengan usia anak dua tahun, dan 2 kelas Kelompok Bermain B dengan usia anak tiga tahun.

alt

PERIODE KEPEMIMPINAN KEPALA TK KRISTEN PETRA 7:

alt alt alt alt
Ny. E.S Handijato
(19791987)
Ny. Jeanne Siby
(19871997)
Ny. Farida Setiawati Limawandojo, S.Pd.
(19972006)
Ny. Ruth Eka Mudji Setiawaty, S.Pd.
(2006sekarang)

 

boost the values reap the success